WELCOME TO COTTON SWEET DESSERT

About Us



   Latar Belakang

       Dewasa ini, banyak masyarakat yang semakin merasa memerlukan makanan penutup untuk melengkapi menu atau makanan utamanya. Salah satu makanan penutup yang cukup menarik dan digemari oleh banyak kalangan adalah dessert. Dewasa ini, dessert hadir dalam berbagai jenis dan rasa, beberapa jenis dessert yang sudah sangat populer dikalangan masyarakat adalah kue, roti, es krim, agar-agar, jelly, yogurt dan pudding yang disajikan dengan berbagai rasa yang menarik seperti cokelat, stroberi, vanilla, rasa buah-buahan dan masih banyak lagi rasa lainnya. Selain dapat dijadikan sebagai menu penutup, dessert dapat juga dijadikan sebagai teman minum teh serta makanan ringan atau camilan untuk berbagai acara seperti ulang tahun, acara pernikahan, dan arisan. Bahkan kehadiran dessert juga sangat diperlukan untuk acara-acara resmi dan hari raya.
       Keputusan masyarakat dalam mengonsumsi dessert tidak hanya dipengaruhi oleh rasa yang lezat, tetapi juga dipengaruhi oleh desain yang unik dan manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi dessert. Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi dessert sendiri adalah, dessert menyediakan banyak nutrisi baik yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama dessert yang terbuat dari buah-buahan. Oleh sebab itu, dessert dapat dikonsumsi oleh semua kalangan, termasuk bagi orang yang diet maupun orang tua. Selain itu, saat ini juga sudah tersedia menu dessert yang rendah kalori dan dapat diatur tingkat kemanisannya.
       Banyak masyarakat yang menyukai dessert dan merasa kehadiran dessert amat dibutuhkan untuk menunjang berbagai acara, namun sayangnya tidak semua orang mampu membuat dessert yang enak dengan desain yang menarik. Menaggapi hal tersebut, kami merasa tertarik untuk terjun ke dalam usaha memproduksi dessert. Kami merasa, usaha dessert yang kami geluti ini memiliki peluang serta prospek yang baik ke depannya. Saat ini sudah banyak sekali contoh usaha-usaha dessert yang terbukti sukses dan telah memasarkan banyak sekali dessert per harinya. Oleh sebab itu, kami semakin yakin bahwa usaha ini adalah pilihan usaha yang tepat untuk digeluti. Agar usaha ini dapat terus berjalan dan berkembang, kami berusaha membedakan diri dengan menyajikan dessert yang sehat, enak, dan menarik serta ditunjang oleh bahan-bahan baku yang berkualitas, namun tetap dipasarkan dengan harga yang terjangkau dan bersaing. Adapun usaha dessert yang kami buka, kami namai “Cotton Sweet Dessert”. Usaha dessert ini merupakan usaha dessert yang khusus melayani wilayah Kalimantan Barat.


Visi
Menjadi produsen dessert berskala besar di Kalimantan Barat dan menjadi pilihan banyak konsumen.

   Misi
  • Menyediakan produk yang enak dan berkualitas tinggi bagi semua kalangan dengan tetap menjunjung tinggi kesehatan dan kepuasan konsumen serta menggunakan bahan baku yang segar, berkualitas dan halal. 
  •  Berusaha memenuhi setiap pesanan dengan cepat dan sebaik mungkin.
  • Berusaha menambah berbagai varian produk dengan rasa dan bentuk yang menarik.
  • Terus berusaha mengikuti perkembangan zaman dan selera konsumen. 

Tujuan dan Sasaran
Tujuan        : Menjadi produsen dessert andalan yang besar serta dikenal banyak pihak.

Sasaran      : Menjangkau sebanyak mungkin konsumen dari berbagai kalangan dan usia dengan cara terus menerus melakukan inovasi terhadap produk.

  
Segmenting, Targeting dan Positioning Cotton Sweet Dessert

Segmenting: Segmentasi dari usaha dessert ini adalah konsumen baik perempuan maupun laki-laki dari berbagai usia dan kalangan yang menyukai dessert yang ada di Kalimantan Barat.

Targeting   :  Adapun targeting dari usaha dessert ini adalah berusaha memenuhi pesanan dessert untuk camilan atau menu penutup terutama untuk acara-acara seperti ulang tahun, arisan, pernikahan serta acara-acara resmi lainnya yang membutuhkan dessert.

Positioning: Adapun positioning dari usaha dessert ini adalah sebagai produsen penghasil dessert yang lezat, enak, sehat dan berkualitas dengan desain yang menarik serta menyediakan dessert dengan harga yang bersaing.  


Bauran Pemasaran
       Bauran pemasaran yang kami bahas terdiri dari 7P yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence. Adapun rincian bauran pemasaran usaha dessert kami adalah sebagai berikut:
1.        Product
Dalam menentukan jenis serta rasa dessert apa yang akan kami tawarkan ke konsumen, kami selalu melakukan riset terlebih dahulu dengan memperhatikan trend dessert yang ada saat ini. Adapun produk dessert yang kami tawarkan hingga saat ini adalah kue, roti, es krim, jelly, pudding, yogurt, dan agar-agar. Untuk menghindari kebosanan konsumen, kami selalu berinovasi menciptakan varian rasa dan bentuk baru. Kami juga menerima pesanan bentuk sesuai yang diinginkan oleh konsumen.

2.        Price
Kami selalu berusaha menawarkan dessert dengan harga yang kompetitif dan dapat dijangkau oleh semua kalangan. Kami bahkan memberikan potongan harga bagi pemesanan dessert dalam jumlah banyak. Agar dessert yang kami tawarkan selalu memiliki harga yang kompetitif, kami terus menerus melakukan riset pasar serta memperhatikan harga-harga dessert yang ditawarkan pesaing kami. Selain itu untuk menekan biaya, kami bekerjasama dengan supplier-supplier bahan baku yang terpercaya, tentu saja kami tidak hanya fokus pada biaya bahan baku yang murah, namun kami tetap memperhatikan kualitas dan kesegaran dari bahan baku yang dipasok.
  
3.        Place
Kami memasarkan produk kami khusus untuk wilayah Kalimantan Barat.

4.        Promotion
Agar dapat menarik minat banyak konsumen, kami terus menerus melakukan promosi terhadap dessert kami. Kami membagikan brosur-brosur serta memperkenalkan produk kami melalui media sosial. Selain itu untuk meningkatkan pembelian, kami memberikan potongan harga bagi pembelian dessert dalam jumlah besar. Biasanya untuk setiap pembelian dessert jenis apa pun, kami akan memberikan bonus satu jenis dessert ukuran kecil di luar jenis dessert yang dipesan oleh konsumen.  Kami melakukan ini dengan maksud memperkenalkan jenis dessert yang lain dengan memberikan sampel kepada konsumen, agar mereka merasa tertarik dan mau membeli lebih banyak dessert lagi.

5.        People
Yang dimaksud dengan people di sini adalah karyawan maupun pemilik. Pemilik diharapkan lebih aktif dan tidak  pasif terutama dalam rangka promosi produk agar semakin banyak masyarakat yang mengenal produk sehingga dapat meningkatkan permintaan produk. Permintaan akan produk yang semakin meningkat tiap tahunnya, menuntut penjual dan pemilik usaha harus gigih dan memiliki semangat yang tinggi. Selain pemilik yang harus bersikap aktif, pegawai maupun karyawan juga harus dituntuk aktif, disiplin, jujur, kreatif serta inovatif karena dengan karyawan yang bersikap seperti itu maka perusahaan akan selalu mendapatkan ide baru yang menarik sehingga tidak akan kalah bersaing dengan pengusaha yang lain. Selain itu, pemilik juga dituntut untuk terus melakukan pengawasan terhadap para karyawannya, agar kinerja karyawan yang baik dapat terus terjaga.

6.        Process
Proses disini menitik beratkan pada proses pembuatan dessert, packing serta pengiriman. Kami selalu berusaha mengontrol proses pembuatan dessert, sehingga dessert yang dihasilkan tetap terjamin kualitasnya. Kami juga memperhatikan tahap packing dan pengiriman sehingga produk kami dapat sampai ke tangan konsumen dalam keadaan baik.

7.        Physical Evidence (Penampilan Fisik)
Kami selalu berusaha menyediakan produk yang memiliki tampilan fisik yang menarik. Hal ini kami lakukan untuk menggugah keinginan konsumen untuk membeli serta menikmati produk kami.
 



0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates

Yummy Cupcake